Kotak Pesan

Selasa, 22 Februari 2011

Membuat Efek Teks Perspektif


Siapa yang tidak kenal program yang satu ini, CorelDRAW. CorelDRAW sebagai salah satu program disain grafis digunakan untuk membuat beragam disain, mulai dari membuat pamflet, poster, gambar kartun, logo, ilustrasi, spanduk, disain buku, disain kaos dan masih banyak kegunaan yang lain. Program yang satu ini memang handal dalam hal pengolahan gambar berbasis vektor.
Nah, sedikit berbagi kreasi menggunakan program disain grafis ini. Saya akan share bagaimana cara membuat efek perspektif pada teks. CorelDRAW yang saya gunakan adalah CorelDRAW X5, namun tutorial ini dapat juga diterapkan dengan versi yang lainnya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1.      Buka program CorelDRAW kemudian buat sebuah dokumen baru.
2.      Langkah selanjutnya yaitu pilih Text tool atau pencet F8 sebagai shortcut.

3.      Buat area teks dengan lebar menyesuaikan dengan tulisan yang akan dibuat, dengan cara klik pada lembar kerja kemudian seret sesuai keinginan.

4.      Ketik teks sesuai keinginan kemudian atur jenis huruf, ukuran dan sesuaikan lebar area teks sesuai dengan teks tersebut. Misal ketik TUTORIAL KOMPUTER.

5.      Kemudian pilih Pick tool.

6.      Selanjutnya klik kanan pada teks yang Anda tulis dan pilih Convert To Artistic Text atau dapat menekan shortcut Ctrl+F8 pada keyboard.




7.      Langkah selanjutnya pilih menu Effect > Add Perspective.

8.      Hasilnya pada lembar kerja akan terlihat seperti gambar berikut.



9.      Terlihat di pojok-pojok ada empat buah titik berwarna hitam tebal. Selanjutnya tarik titik ini ke atas maupun ke bawah untuk membentuk efek perspektif yang diinginkan. Kurang lebihnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Dan selamat efek perspektif Anda kini telah terlihat.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More