Kotak Pesan

Senin, 16 Mei 2011

Panduan Lengkap Membuat Website dengan Domain web.id

Tutorial Komputer kali ini berbagi tips tentang panduan membuat website dengan domain web.id. Hal-hal yang akan kita bahas meliputi:
1.   Bagaimana cara membeli domain web.id (membeli? ya, karena kita akan menggunakan domain berbayar)
2.      Bagaimana cara me-redirect blogger atau mengubah alamat blogspot menjadi web.id
3.      Bagaimana cara menggunakan web hosting
4.      Bagaimana cara mendaftar google apps
5.      Bagaimana cara membuat email unik sendiri email@domain.web.id dengan google apps
Kenapa kita menggunakan domain web.id?
Sebenarnya bukan sebuah keharusan menggunakan domain web.id, Anda juga dapat menggunakan domain lain seperti domain .com, atau domain gratisan. Namun, dalam panduan ini akan saya jelaskan bagaimana cara menggunakan domain .web.id, karena walaupun berbayar, tetapi tergolong murah J. Kenapa harus bayar kalau ada yang gratis? Anda boleh saja menggunakan domain gratis atau domain .blogspot.com, tapi tidak inginkah Anda mempunyai website yang unik sesuai keinginan Anda? Atau Anda ingin membuat web organisasi? Akan terasa lebih profesional mempunyai alamat www.organisasi.web.id dari pada www.organisasi.blogspot.com.
Kenapa kita harus menggunakan web hosting?
Karena dengan web hosting kita akan mendapatkan fasilitas yang cukup menarik diantaranya kita dapat membuat beberapa web dengan domain yang sama (atau dikenal dengan sub domain, contoh: www.dije.web.id, forum.dije.web.id, m.dije.web.id, friends.dije.web.id). Selain itu, kita juga dapat memanfaatkan google apps untuk membuat email unik sendiri sesuai ciri khas web kita seperti firmandj@dije.web.id, support@dije.web.id, Anda dapat membuat email sebanyak 50 dengan domain milik Anda sendiri. Sebagai permulaan saya gunakan hosting gratisan dari byethost.com, Anda juga dapat mempraktekannya pada hosting berbayar.
Setiap langkah dalam panduan ini telah dipraktekan, apabila suatu saat sudah tidak valid, dapat dilakukan revisi. Ok. Langsung saja kita mulai. Simak baik-baik setiap langkah demi langkah, apabila Anda sudah mulai jenuh membaca, saya sarankan untuk melanjutkannya nanti. Jika Anda merasa kebingungan Anda dapat bertanya di forum.dije.web.id. Selamat menyimak.....

Download Panduan Lengkap dalam bentuk ebook disini!

10 komentar:

Gan Kalo tanpa web host gmn Gan,bisa ga .. ??misalnya pake blogspot.com

@Marvel Movies

iya bisa, tapi walaupun ga pake host tapi perlu layanan utk mengubah dns nya. Kalau pake blogger trus pake domain sendiri itu namanya redirect. Pada tutorial yang saya buat ini sudah saya jelaskan cara me-redirectnya. Silakan dicoba saja.

Yah Gan Namanya Ge Pemula .. Ngomong2 Seting Dns Nya Gmn Ya Gan .. ?
Update Yang Terbarunya Apa Gan Yang Lebih Lengkap ..

Makasih Gan Tips Dan Panduanya .

@Marvel Movies

_sambil belajar, saya jg msh bljar ko. yg bisa saya kasih tahu caranya sementara ini yg ada di panduan. utk update yg terbaru or yg lengkap mgkn dterbitkan lain wktu, lg agak sibuk juga soalnya. sambil nunggu, sambil mempraktekan aja..

hello broter dan admin...! beberapa hari yg lalu saya beli domain dan ternyata domain saya itu sebelumnya sudah terdaftar di google apps.. jadi kendala saya saat ini saya tidak bisa daftar google apps karena domain sudah terdaftar.. dan saya sudah hub pihak penjual domain tapi dia juga gak bisa jawab
Pertanyaan : Gimana caranya agar domain saya di hapus di google apps agar saya nantinya bisa daftar google apps lagi

terima kasih bila ada yg bisa kasih solusi untuk probelm saya mail sent to : ikofxindonesia.com@gmail.com

@ikofxindonesia

_setelah saya pelajari, solusinya sebagai berikut: (menggunakan Bahasa Indonesia)
1. login ke google apps
2. masuk ke Setelan Domain
3. Klik tab Informasi Account
4. Untuk menghapus klik Hapus Google Apps untuk yyyyy.com

@Ronal Pardede

_iya, memang pas saya praktek juga belum bisa, tapi bisa diredirect ko,
mungkin kesempatan lain saya bisa posting,,,

agan, saya newbie, penggunaan web.id, menggunakan sistem bayar seperti apa? biaya berapa?

@Galveno

_untuk biaya, sampai saat saya join Rp 25.000, itu untuk beli domain satu tahun.
sistemnya bayar lewat transfer.

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More