Kotak Pesan

Minggu, 06 Maret 2011

Cara Mendaftar dan Membuat Blog di Blogger


Salah satu layanan blog yang tidak berbayar alias gratis dan banyak digunakan adalah blogger atau blogspot. Layanan blog ini gratis disediakan oleh google. Anda akan mendapatkan blog dengan alamat namablog.blogspot.com dengan namablog sesuai keinginan Anda. Selain itu Anda dapat mengkustomisasi alamat blog Anda misal menjadi namablog.com namun dengan hosting yang tetap gratis pada blogger.
Cara mendaftar dan membuat blog di blogger sangatlah mudah. Hal yang perlu Anda siapkan hanyalah alamat email yang masih aktif, dan apabila Anda mempunyai email di gmail akan lebih mudah lagi. Sebenarnya ketika Anda mempunyai akun google atau alamat email dari gmail, Anda telah dapat menggunakan berbagai fasilitas dari google yang salah satunya adalah blogger. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk mempunyai email dari gmail. Tutorial ini dibuat dan dipraktekan secara langsung pada kondisi saat itu, suatu saat mungkin saja Anda akan menjumpai hal yang berbeda ketika mengikuti tutorial ini tergantung dari perkembangan layanan. Langkah-langkah mendaftar dan membuat blog di blogger adalah sebagai berikut:
1.        Sediakan alamat email yang masih aktif dan disarankan menggunakan gmail. Apabila Anda belum memiliki email silakan buat terlebih dahulu. Panduan membuat email dapat Anda cari di google.
2.        Buka alamat http://www.blogger.com dengan browser internet Anda.
3.        Setelah halaman blogger terbuka, perhatikan pada kolom login di bagian kanan atas. Silakan masuk menggunakan akun gmail Anda dengan mengisi username gmail dan password Anda pada kolom yang disediakan.

4.      Kemudian pada langkah pertama yaitu Sign up for Blogger, isi Display name, Gender dan centang I accept. Selanjutnya klik CONTINUE.

5.      Untuk mempermudah tutorial saya menggunakan blogger dalam bahasa Inggris. Anda dapat menyesuaikan atau mengganti bahasa dengan memilihnya pada halaman dashboard. Selanjutnya anda akan dibawa ke halaman depan Dashboard blogger. Untuk mulai membuat blog klik CREATE YOUR BLOG NOW.

6.      Apabila Anda diminta untuk memverifikasi akun Anda, maka verifikasi dahulu.
7.      Selanjutnya akan muncul langkah yang kedua yaitu memberi nama blog, beri nama blog Anda sesuai yang Anda inginkan. Isikan nama blog pada isian Blog title dan ketik alamat blog yang Anda inginkan misal jaya-belajar-komputer.blogspot.com. selanjutnya klik CONTINUE.

8.      Langkah selanjutnya adalah memilih template awal untuk blog Anda, template ini dapat Anda ganti nantinya. Pilih sesuai keinginan Anda, dalam hal ini saya menggunakan template Awesome Inc., kemudian klik CONTINUE.

9.      Selamat blog baru Anda telah berhasil dibuat. Untuk melanjutkan klik START BLOGGING.

10.  Untuk mulai memposting artikel ketikan judul artikel di kolom Title dan ketikkan isi artikel di kolom isian yang disediakan. Untuk menerbitkan klik PUBLISH POST. Untuk melihat blog klik View Blog.

Blog baru Anda sudah jadi. Sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More