Kotak Pesan

Jumat, 11 Maret 2011

Membuat Blog atau Website Secara Offline Sebelum Dipublikasikan Secara Online dengan Wordpress


Blog atau website tentunya sudah sangat familiar di jaman yang semakin modern ini. Sedikit memberi penjelasan tentang blog atau website. Apa itu blog atau website? Keduanya merupakan sarana berbagi informasi melalui media online internet. Anda dapat membuat sebuah blog tentang apa saja, website pribadi, catatan kuliah, materi sekolah atau kuliah, tips dan trik, tutorial tentang komputer, blog atau website organisasi atau sekolah atau komunitas, berbagi tentang hobi, olah raga, fans klub dan apapun dapat Anda buat.
Nah, permasalahannya adalah ketika kita ingin membuat sebuah blog atau website tetapi kita tidak selalu dapat terhubung ke internet atau kita tidak selalu dapat online. Apakah kita bisa membuat sebuah blog atau website secara offline tanpa terhubung ke internet? Ya, tentu saja bisa. Kita dapat membuat sebuah blog atau website secara offline persis sama seperti ketika kita membuatnya secara online. Jadi kita buat secara offline dulu kemudian nantinya kita publikasikan ke internet. Kita dapat mempersiapkan secara matang terlebih dahulu secara offline sebelum kita onlinekan. Kita dapat membuat, memodifikasi, mendisain, atau sebagai pratayang sebelum mempublikasikannya secara online. Ketika blog atau website offline kita sudah selesai, siap terbit dan mantap untuk dipublikasikan, kita tinggal menguploadnya ke internet sehingga semua orang di dunia dapat mengaksesnya secara online lewat internet. Sehingga akan lebih menghemat waktu dan pastinya akan lebih maksimal.
Salah satu layanan blog yang sangat populer dan gratis adalah Wordpress. Wordpress menyediakan sebuah fasilitas blog yang diperuntukkan untuk para developer yang ingin membuat sebuah blog atau website sendiri. Dengan wordpress kita dapat membuat blog atau website yang pengelolaannya berada penuh pada kita, sehingga kita dapat melakukan apa saja dengan blog atau website tersebut. “Apa saja” dalam hal ini maksudnya kita akan memperoleh hak penuh atas blog atau website kita. Tahukah Anda apa bedanya ketika kita membuat blog di wordpress.com, yang nantinya kita akan mempunyai alamat blog berupa namablog.wordpress.com dengan kita membuat blog sendiri, dengan wordpress juga tentunya? Ketika kita membuat blog di wordpress.com kita akan dibatasi untuk fasilitas tertentu dan tidak bisa memodifikasi atau berkreasi secara bebas. Lain halnya ketika kita membuat blog atau website sendiri. Kita dapat memodifikasi, merubah tema, menambah widget atau gadgets, plugin, dan lain-lain secara bebas, bahkan kita dapat menyisipkan script seperti Google Adsense, atau script layanan iklan di blog kita.
ok, dalam tutorial ini Anda akan mempelajari tentang:
  • Langkah-langkah menginstall WordPress Offline
  • Langkah-langkah menulis artikel pada blog WordPress

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More