Kotak Pesan

Rabu, 09 Maret 2011

Tutorial CorelDRAW - Membuat Efek Collage pada Foto Part 2


Tutorial Komputer, Tutorial CorelDRAW - Membuat Efek Collage pada Foto Part 2, tutorial ini merupakan tutorial lanjutan dari Tutorial CorelDRAW - Membuat Efek Collage pada Foto Part 1. Berikut merupakan hasil yang akan kita peroleh.

23.  Kemudian Import foto Anda dengan cara pilih menu File > Import, atau dengan menekan tombol Ctrl+I, kemudian pilih foto Anda, klik Import.

24.  Tekan enter untuk meletakkan gambar ditengah kanvas, atau klik kemudian seret untuk mengatur besar gambar. Posisikan foto Anda di bawah area tumpukan foto seperti berikut.

25.  Atur besar gambar kemudian pilih menu Effects > PowerClip > Place Inside Container. Selanjutnya klik pada objek tumpukan foto yang berwarna biru.

26.  Untuk mengatur posisi foto agar terlihat lebih bagus, pastikan objek dalam keadaan terseleksi kemudian pilih menu Effects > PowerClip > Edit Contents.

27.  Selanjutnya atur posisi foto agar sesuai dengan frame. Setelah selesai klik Finish Editing Object.

28.  Selanjutnya seleksi semua objek tumpukan foto kemudian klik kanan pada palet warna bagian no color yang ditunjukkan dengan kotak putih ada tanda silang untuk menghilangkan outline.
29.  Selanjutnya beri efek bayangan. Klik pada objek tumpukan foto bagian luar, kemudian pilih Drop Shadow Tool.

30.  Pilih Presets > Small Glow, dan pilih warna hitam.
 
31.  Pilih objek yang lain, kemudian terapkan efek drop shadow lagi. Anda juga dapat meng-copy efek drop shadow ini sehingga lebih menghemat waktu, caranya pilih objek (bingkai foto bagian luar) pilih menu Effects > Copy Effect > Drop Shadow From... kemudian klik bayangan yang dibuat pada langkah sebelumnya, jika ada peringatan “You did not click on an object. Do you wish to try again?” pilih aja Yes kemudian coba klik bayangannya lagi.

32.  Hasilnya adalah sebagai berikut.
33.  Langkah terakhir adalah memberikan efek shadow pada tepian gambar. Tekan tombol Alt+Z untuk mengaktifkan snap to object. Dengan menggunakan Rectangle tool (F6) buat persegi pada tepian. Kemudian beri warna hitam dan hilangkan garis tepi (outline) (langkah 28).
34.  Pilih Transparency tool.

35.  Klik dan seret dari arah luar ke arah dalam pada objek persegi panjang hitam tadi (hasil langkah 33).
36.  Pada Transparency operation pilih Multiply.

37.  Copy objek tersebut kemudian paste. Untuk membalik arah pilih Mirror Horizontally. Kemudian geser ke arah kanan.
38.  Seperti langkah sebelumnya, buat objek persegi panjang pada bagian tepi atas, beri warna hitam dan hilangkan outline. Beri efek transparan, kemudian copy dan paste. Untuk membalik arah pilih Mirror vertically.
39.  Dan akhirnya karya Anda selesai dibuat.
 Semoga bermanfaat...

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More